7 Faktor Penyebab Infertilitas Pada Pria

Penyebab Infertilitas Pada Pria

Berikut 7 faktor penyebab infertilitas pada pria sehingga tidak mampu memberikan kehamilan pada wanita pasangannya. Masih sering kita jumpai suami yang enggan bahkan tidak mau diperiksa, sikap seperti inilah yang tidak dapat dibenarkan.

Padahal pemeriksaan terhadap pria lebih mudah dilaksanakan dibandingkan pemeriksaan terhadap wanita (istri). Pemeriksaan terhadap kesuburan wanita, selain lebih lama juga memakan biaya yang relatif lebih besar.

Secara garis besar, penyebab infertilitas (kemandulan) pada pria yang paling sering ditemui di masyarakat seperti yang kami kutip dari buku cara cepat hamil dr. Rosdiana Ramli antara lain adalah:

1. Sperma buruk

Kualitas sperma menentukan terjadinya kehamilan. Hal ini menyangkut bentuk sperma dan gerakannya yang tidak sempurna. Sperma dengan struktur dan gerakan yang tidak normal tidak akan mampu mencapai sel telur.

Yang kedua adalah konsentrasi sperma yang rendah. Normalnya, konsentrasi sperma yang sehat adalah 20 juta atau lebih sperma/ml semen.

Kurangnya konsentrasi sperma bisa jadi akibat memakai celana ketat, alkohol, merokok, kelelahan, atau terlalu sering berejakulasi.

2. Kelainan genetik

Kelainan genetik atau yang disebut dengan sindroma Klinfelter menyebabkan seorang pria mempunyai satu kromosom Y dan dua kromosam X.

Hal ini mempengaruhi pertumbuhan testis sehingga pria tersebut sedikit saja atau bahkan tidak memproduksi sperma sama sekali.

3. Gangguan hormonal

Hormon testosteron yang terganggu dapat menghambat produksi sperma. Untuk merangsang agar testis memproduksi sperma, diperlukan hormon dari kelenjar ptituari.

Bila hormon tersebut terganggu, jumlah menurun atau bahkan tidak ada, maka testis tidak akan bekerja sempurna.

4. Impotensi

Impotensi adalah jika aliran darah ke penis tidak normal maka penis tidak akan bisa berdiri dan berejakulasi.

5. Varikokel

Varikokel merupakan pelebaran pembuluh darah vena di daerah buah zakar.

6. Saluran sperma tersumbat

Hal ini bisa saja merupakan bawaan lahir, atau terjadi akibat adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

7. Pengaruh radiasi dan obat

Radiasi dan obat-obatan tertentu dapat mempengaruhi kualitas sperma, fungsi testis dan hormon reproduksi dan menyebabkan masalah kesuburan.

Baca juga:
• 8 Faktor Penyebab Infertilitas Pada Wanita
10 Tips dan Panduan Cara Cepat Hamil Secara Alami
• Cara Menghitung Masa Subur Wanita Siklus Haid Teratur

Seringkali masalah penyebab infertilitas pada pria dan wanita bisa diatasi dengan penanganan yang sederhana saja, misalnya dengan melakukan pemilihan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan intim, dan menerapkan pola hidup sehat.

Namun tidak sedikit juga kasus infertilitas atau kemandulan pada pria dan wanita harus diatasi dengan terapi dan pengobatan khusus yang dilakukan melalui pantauan dokter agar sang istri bisa segera hamil.

error: Content is protected !!