8 Faktor Penyebab Infertilitas Pada Wanita

Penyebab Infertilitas Pada Wanita

Ketahui 8 faktor penyebab infertilitas pada wanita sehingga susah mendapatkan kehamilan. Penanganan infertilitas atau kemandulan adalah masalah medis yang cukup kompleks dan melibatkan beberapa disiplin ilmu kedokteran.

Kemandulan bisa dicegah sejak dini, terutama bagi para remaja hendaknya rutin memeriksa kesehatan reproduksi mereka, terutama jika ada tanda-tanda atau gejala yang tidak wajar pada organ reproduksi wanita atau hormon-hormon yang menunjang.

Baiklah, untuk lebih jelas dan lengkapnya apa saja faktor penyebab kemandulan pada wanita bisa Anda simak pada ulasan berikut ini yang kami dikutip dari buku cara cepat hamil dr. Rosdiana Ramli.

1. Endometriosis

Endometriosis adalah ketidaknormalan pertumbuhan jaringan implan diluar rahim atau uterus, padahal normalnya hanya tumbuh dalam rahim.

2. Faktor hormonal

Terjadinya kelainan hormon reproduksi, seperti lutein dan perangsang filokel dapat menghalangi terjadinya pelepasan sel telur.

Kelenjar hipotalamus-pituitari yang abnormal karena faktor genetik, tumor atau kanker juga dapat menghambat ovulasi. Kelainan kelenjar tiroid, kelebihan dan kekurangan hormon tiroid juga menyebabkan kacaunya siklus menstruasi.

3. Menopause dini

Menopause dini atau prematur terjadi bila wanita berhenti menstruasi (haid) kemudian folikel ovariumnya telah menyusut sebelum berusia 40 tahun.

Menopause dini dapat diakibatkan oleh kelainan imunitas, kemoterapi, radioterapi, dan juga rentan menimpa wanita yang merokok.

4. Penyumbatan Tuba Falopi

Tersumbat atau rusaknya tuba falopi ini umumnya disebabkan oleh salpingitis, yang dapat menghambat kehamilan atau menyebabkan kehamilan diluar kandungan.

5. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Sindrom ini menyebabkan banyaknya kista ovarium dan berlebihnya produksi androgen, testoteron. Akibatnya, tidak terjadi ovulasi.

6. Tumor dan kanker rahim

Tumor dinding rahim yang jinak atau ganas dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan pada setiap wanita.

7. Kelebihan Prolaktin

Kelebihan prolaktin atau hormon yang merangsang produksi ASI juga bisa menyebabkan infertilitas.

8. Stres, Anoreksia dan Obesitas

Selain stres, pengidap Anoreksia yang merupakan suatu masalah kesehatan jiwa yang mana pengidapnya terobsesi untuk memiliki tubuh kurus serta Obesitas (kegemukan) juga bisa menjadi faktor penyebab infertilitas pada wanita.

Baca juga:
7 Faktor Penyebab Infertilitas Pada Pria
Tips Hubungan Intim Agar Cepat Hamil
10 Tips dan Panduan Cara Cepat Hamil Secara Alami

Ilmu kedokteran saat ini baru sukses menolong separuh pasangan dari jumlah pasangan infertil agar bisa hamil guna memperoleh keturunan yang diidam-idamkan.

Oleh karena infertilitas dapat dicegah dari dini, maka para remaja wanita harus memberikan perhatian khusus pada kesehatan sedari awal agar penyebab kemandulan (infertilitas) dapat diantisipasi dengan berkonsultasi ke dokter.

error: Content is protected !!