7 Faktor yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Kesuburan Wanita

Perlu diketahui bahwa ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Secara garis besar faktor-faktor ini berupa sumbatan pada rahim dan saluran telur, atau juga gangguan hormon yang bisa menyebabkan sel telur gagal matang (kegagalan ovulasi).

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi secara lengkap faktor apa saja yang bisa mempengaruhi kesuburan wanita yang dikutip dari buku cara cepat hamil oleh dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

1. Sumbatan yang terjadi pada saluran telur dan rahim

Logikanya, apabila saluran menuju sel telur tersumbat, sperma tidak akan bisa lewat. Masalah sumbatan ini cukup sering menjadi penyebab seorang wanita tidak subur.

2. Infeksi

Seperti diketahui sebelumnya bahwa masalah kesuburan pada wanita bisa disebabkan oleh beragam faktor, salah satunya adalah penyakit infeksi atau peradangan organ panggul.

Organ panggul yang mungkin saja mengalami infeksi adalah rahim, ovarium atau indung telur, dan saluran telur atau tuba fallopi.

Infeksi ini adalah ancaman besar bagi infertilitas wanita. Infeksi tersebut bisa juga menimbulkan komplikasi yang serius selain ketidaksuburan, yaitu rasa nyeri pada saat melakukan hubungan intim.

3. Tumor atau kista

Tumor atau kista bisa menyerang setiap organ reproduksi wanita, dan berpeluang menyebabkan kemandulan. Jika terdapat kista pada ovarium, maka tumbuhlah sebuah kantung yang berisi cairan pada induhg telur atau ovarium yang mencegah sel telur berkembang.

4. Gagal matang sel telur (Gagal ovulasi)

Apa itu gagal matang sel telur? Yaitu sebuah kondisi yang dapat mempengaruhi sistem reproduksi wanita, yang ditandai oleh sulit matangnya sel telur (ovum) sehingga tidak dapat dilepaskan dari indung telur (ovarium) dan masuk ke tuba fallopi untuk dibuahi.

Berdasarkan penelitian, ternyata anovulasi atau gagal ovulasi telah mempengaruhi setidaknya enam sampai lima belas persen wanita pada saat masa subur.

5. Endometriosis

Endometriosis adalah suatu keadaan dimana jaringan endometrium yang normalnya tumbuh di dinding dalam rahim, ditemukan di organ lain, misalnya indung telur, dinding perut, usus, bahkan di paru-paru.

Sebanyak 20-60% penderita endometriosis akan mengalami infertilitas

6. Sindroma Ovarium Polikistik (PCOS)

PCOS adalah singkatan dari Polycystic Ovary Syndrome, yang membuat hormon tidak seimbang sehingga pelepasan sel telur terhambat, haid tidak teratur dan tentunya berujung infertilitas.

Beberapa penyebab infertilitas pada wanita bisa dideteksi dengan mudah, namun ada pula yang susah bahkan tidak terdiagnosis.

Masalah kesuburan wanita akibat Sindroma Ovarium Polikistik (PCOS) adalah salah satu yang terkadang sulit dikenali, namun termasuk penyebab mayoritas kasus kemandulan yang terjadi pada banyak wanita dalam usia subur.

7. Berat badan berlebih

Pertanyaan di bawah ini sering ditanyakan oleh para wanita yang memiliki kelebihan berat badan (obesitas) kepada ahli kandungan.

Apa penyebab dan hubungannya sehingga berat badan yang berlebih bisa mengakibatkan seseorang menjadi susah hamil?

Jawabannya adalah karena faktor hormonal yang tidak seimbang pada wanita dengan berat badan berlebih

Dengan mengetahui apa saja faktor yang bisa mempengaruhi kesuburan pada wanita, maka Anda bisa mencegah terjadi ketidaksuburan dengan memeriksa kesehatan dan organ reproduksi sedini mungkin kepada dokter kandungan.

Baca juga:

Hasil penelitian yang menyatakan bahwa infertilitas yang terjadi adalah 40 persen akibat laki-laki, dan juga 40 persen akibat wanita, dan 30 persen akibat keduanya maka setiap pasangan harus bekerja sama dalam mengatasinya.

error: Content is protected !!