Infertilitas: Pengertian dan Jenis-jenisnya

Infertilitas

Definisi infertilitas menurut dunia medis adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pasangan yang juga belum mempunyai anak walaupun telah berhubungan intim secara teratur tanpa alat kontrasepsi dalam kurun waktu mencapai satu tahun.

Seperti yang kita ketahui, tujuan utama sebuah pernikahan adalah untuk mendapatkan keturunan. Dan biasanya, pasangan yang telah siap menikah akan berusaha agar cepat hamil untuk bisa menimang bayi yang diidam-idamkan kehadirannya.

Lalu apa jadinya jika sang istri tidak jua kunjung hamil setelah beberapa kali melakukan hubungan intim dengan suami dalam masa subur dan tanpa alat kontrasepsi? Inilah yang disebut dengan gelaja kemandulan. Dalam bahasa medis, hal ini disebut dengan infertilitas.

Jenis infertilitas

  1. Infertilitas primer adalah ketidaksuburan yang terjadi pada wanita yang memang belum pernah hamil
  2. Infertilitas sekunder adalah ketidaksuburan yang terjadi pada wanita yang sudah pernah hamil dan melahirkan sebelumnya.

Pada beberapa kasus, penanganan infertilitas ini bisa diatasi dengan metode atau cara yang sederhana. Contohnya, pasangan melakukan hubungan intim pada waktu tepat, menjalankan pola hidup sehat, istirahat teratur, berhenti merokok dan rajin olahraga.

Bagi yang mengalami infertilitas baik wanita ataupun pria dengan tingkat yang lebih rumit biasanya harus diatasi melalui terapi serta pengobatan khusus yang tentunya dilakukan dengan pantauan dokter.

Namun cukup disayangkan, masyarakat cenderung menyalahkan pihak wanita (istri) sebagai penyebab gagalnya sebuah pasangan mendapatkan keturunan. Padahal, infertilitas tidak hanya terjadi pada wanita saja, tetapi juga pada pihak pria.

Sebuah penelitian tentang masalah infertilitas (kemandulan) menyatakan bahwa kasus ini terjadi adalah 40% akibat pria, dan 40% akibat wanita, serta sekitar 30% akibat keduanya

Baru separuh masalah infertilitas tersebut berhasil disembuhkan dengan ilmu kedokteran sehingga sebuah pasangan dapat memperoleh keturunan. Separunya lagi yang belum berhasil terpaksa menempuh hidup tanpa anak, poligami, bercerai, atau mengadopsi anak.

Baca juga:
7 Faktor Penyebab Infertilitas Pada Pria
8 Faktor Penyebab Infertilitas Pada Wanita
Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid

Untuk mengatasi masalah dan penanganan infertilitas ini, diperlukan kesadaran dari kedua belah pihak, suami dan istri. Kegagalan seorang istri mendapatkan kehamilan, bisa saja faktor penyebabnya karena kemandulan yang dialami oleh suaminya.

error: Content is protected !!