Posisi Bersalin Terbaik Untuk Mengurangi Rasa Sakit

Posisi Bersalin Terbaik

Sebagian Ibu hamil akan menemukan sendiri posisi bersalin yang baik dan benar untuk membuatnya merasa nyaman sehingga dengan mudah melewati masa kontraksi tanpa mengalami rasa sakit yang berarti.

Namun tidak semua posisi bersalin dapat dilakukan sembarangan. Posisi melahirkan yang salah dapat berefek pada tahap persalinan. Oleh sebab itu perhatikan dengan seksama posisi yang dapat anda gunakan.

Posisi-posisi bersalin yang kamu kutip dari buku panduan ibu hamil dr. Riyani Limoa berikut ini merupakan posisi yang dapat dilakukan saat menjalani tahap persalinan kala 1-2.

6 Posisi bersalin (melahirkan)

1. Posisi bersalin setengah duduk

Posisi setengah duduk adalah yang paling umum digunakan oleh ibu hamil saat proses persalinan berlangsung. Sebab posisi ini dapat membuat sebagian wanita merasa sangat nyaman.

Selain dapat memperlancar proses kontraksi posisi melahirkan setengah duduk juga dapat digunakan sebagai posisi yang memudahkan anda untuk beristirahat saat mengalami kelelahan.

Posisi ini tidak hanya bisa diaplikasikan diatas tempat tidur saja namun anda juga dapat melakukan diatas kursi dengan bantuan suami. Dengan begitu, maka anda bisa merasa nyaman karena bersandar pada suami tercinta.

2. Posisi bersalin duduk tegak

Posisi duduk tegak ini sangat mirip dengan posisi yang anda gunakan saat duduk di toilet. Posisi bersalin ini akan mempermudah proses mengejan karena akan merasakan adanya kenyamanan pada bagian pantat.

Posisi melahirkan duduk tegak ini dapat dilakukan di sela-sela posisi berdiri yang juga anda lakukan saat proses bersalin berlangsung. Sayangnya, posisi ini bisa membuat rasa sakit pada bagian punggung.

3. Posisi bersalin berlutut

Posisi berlutut dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan kursi. Letakkan kursi tepat dibagian depan tubuh, kemudian berlututlah dan condongkan bagian tubuh kearah depan hingga kursi dapat menopang tubuh.

Kursi akan digunakan untuk mengurangi ketengangan yang terjadi dibagian tangan dan kaki. Untuk efek yang maksimal, anda dapat mengkombinasikan posisi ini dengan pemijatan halus yang dilakukan pada bagian punggung.

4. Posisi bersalin berbaring miring

Posisi berbaring miring ternyata juga bisa meredakan rasa sakit yang timbul saat proses persalinan berlangsung. Berbaring miring akan sangat membuat nyaman bila posisi kaki ditopang atau ditahan oleh suami.

Posisi tersebut akan membuat rasa sakit yang diakibatkan oleh adanya wasir akan terus menghilang sehingga dapat melalui proses persalinan dengan rileks.

5. Posisi bersalin berjongkok

Persalinan dengan posisi berjongkok merupakan salah satu posisi terbaik dan favorit yang sering dilakukan oleh ibu hamil.

Ketika melakukan posisi berjongkok, anda akan mendapat tambahan energi sehingga proses turun dan keluarnya bayi pun akan terasa lebih mudah.

Selain itu proses mengejan pun juga akan terasa lebih mudah jikan dilakukan menggunakan posisi melahirkan berjongkok.

Untuk melakukan posisi ini, maka anda perlu menyandar pada tubuh suami. Selain itu suami juga dapat membantu Anda melakukan posisi berjongkok dengan cara mendekap tubuh anda.

6. Posisi bola lahir (birthing ball)

Bola lahir merupakan salah satu posisi bersalin yang sulit dilakukan. Sebab dalam posisi ini, Anda harus menggunakan bantuan alat bernama bola lahir.

Birthing Ball atau Bola LahirBola lahir memudahkan anda mengejan saat proses persalinan berlangsung sebab bentuknya yang lentur memberikan rasa nyaman saat anda duduk diatasnya.

Bola lahir adalah benda berbentuk bundar yang biasa digunakan oleh wanita hamil sebagai tempat duduk yang elastis. Anda membutuhkan bantuan orang lain untuk menjaga keseimbangan.

Tapi berhati-hatilah menggunakan posisi bersalin bola lahir jika tubuh mengeluarkan banyak keringat sebab hal tersebut membayakan karena beresiko bisa terjatuh.

Baca juga:
Pantangan Ibu Hamil
6 Faktor Penyebab Keguguran Kandungan
Bolehkah Berhubungan Intim Saat Hamil Muda?

Dari enam posisi bersalin yang telah diuraikan di atas, Anda bisa memilih (mencoba) salah satunya yang dirasakan sebagai posisi melahirkan terbaik dan cocok dengan anda.

Sementara untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan bisa dilakukan dengan beberapa metode alami, yaitu dengan melakukan pemijatan, melatih teknik pernafasan, serta mencari posisi bersalin terbaik dan ternyaman.

error: Content is protected !!