Bahaya Menunda Kehamilan Pada Wanita

Bagi wanita perlu mengetahui apa saja resiko, akibat dan bahaya menunda kehamilan. Sekarang ini banyak sekali wanita menunda kehamilan setelah menikah dengan alasan-alasan tertentu seperti faktor pekerjaan, pendidikan dan juga karir.

Menunda kehamilan adalah salah satu contoh penyebab ketidaksuburan (infertilitas) lainnya. Banyak dari wanita yang menunda kehamilan pada masa produktif sehingga akhirnya justru mengalami kesulitan hamil di usia yang lebih tua saat mereka berharap untuk segera hamil.

Mereka lupa faktor usia pada wanita sangat berpengaruh terhadapa kesuburan. Sebagai contoh, kesuburan seorang wanita di usia 38 tahun sudah jauh berkurang dibandingkan kala berusia 30 atau 32 tahun.

Memang benar bahwa wanita terbukti masih bisa hamil di usia 40-an awal, namun hal tersebut adalah peristiwa langka yang tidak bisa kita jadikan acuan pada semua wanita. Masalah usia memang menjadi kendala yang berat dalam mengatasi masalah ketidaksuburan.

Kehamilan adalah karunia dari Tuhan YME. Tidak sepantasnya kita sebagai manusia menunda kehadiran karunia tersebut hanya karena karir dan materi

Bagi Anda yang berfikir untuk tidak memiliki anak dulu, ada pertanyaan yang layak untuk direnungkan. “Apakah Anda menyadari resiko yang bisa Anda alami akibat menunda kehamilan? Sudahkah Anda mempertimbangkan faktor kesehatan organ reproduksi Anda ketika memutuskannya?

Beberapa ahli mengatakan bahwa menunda kehamilan merupakan sikap yang egois, terutama di usia yang semakin tua. Di satu sisi, menunda memiliki anak mungkin memberikan efek positif terhadap kondisi ekonomi dan karir, namun di sisi lain banyak sekali efek negatif bisa saja menggangu sistem kesehatan.

Makin tua usia seseorang saat hamil, maka resiko yang akan dihadapi tentunya semakin tinggi. Kehamilan di usia tua juga harus didukung oleh program diet yang baik dalam rangka mengendalikan berat badan sang ibu.

Sebaiknya, Anda dan pasangan tidak perlu menunda kehamilan setelah menikah dalam waktu lebih dari 2 tahun, apalagi terlalu lama

Selain masalah medis, resiko lainnya yang akan ditanggung oleh anak karena keputusan orangtua untuk menunda kehamilan adalah jauhnya usia orang tua dengan anak yang akan mempengaruhi kualitas perhatian dan pendidikan anak.

Baca juga:

Pahami bahaya dan resiko yang bisa Anda alami akibat menunda kehamilan terhadap kesehatan organ reproduksi wanita, begitu juga keselamatan Anda dan janin kelak jika menginginkan kehamilan di usia lebih tua.

Semoga apa yang kami informasikan terkait bahaya dan resiko bagi pasangan yang menunda untuk mendapatkan anak, bisa kembali mempertimbangkan keputusannya dengan lebih matang.

error: Content is protected !!