Tips Cepat Hamil Wanita Gemuk (Obesitas)

Cara Cepat Hamil Untuk Wanita Gemuk

Untuk wanita gemuk yang memiliki berat badan berlebih (obesitas), berikut tips cepat hamil dengan melakukan beberapa cara yang bisa kerjakan sendiri.

Kegemukan adalah salah satu satu penghambat penghambat kehamilan. Terutama dalam hal infertilitas yang disertai kondisi obesitas, anda dianjurkan untuk menurunkan berat badan dengan cara sehat.

Bagaimana kegemukan bisa menghambat kehamilan?

Hal ini disebabkan karena kelebihan jaringan lemak memicu produksi hormon estrogen secara berlebihan yang akibatnya membuat hormon menjadi tidak seimbang. Hormon yang tidak seimbang inilah yang nantinya akan mengganggu siklus ovulasi.

Tips Hamil Untuk Wanita Kegemukan

1. Lakukan perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT)

Pertama-tama, anda perlu mencari tahu apakah berat badan anda termasuk obesitas atau tidak. Caranya dengan melakukan perhitungan IMT.

Indeks Massa Tubuh (IMT)

Keterangan: Satuan yang digunakan untuk menghitung tinggi badan dalam rumus diatas adalah dalam satuan meter.

Contoh: Berat badan 50 kg dan tinggi badan 160 cm (1,6 meter) maka cara menghitungnya: 50 : 1,6 x 1,6 = 19,53

Nilai yang anda dapat menggunakan rumus diatas lalu anda cocokkan dengan klasifikasi di bawah ini guna mengetahui anda masuk kategori yang mana:

  • Nilai di bawah 18 = sangat kurus/underweight
  • Nilai 18 sampai 22 = normal
  • Nilai 23 sampai 25 = berat badan berlebih/overweight
  • Nilai di atas 25 = kegemukan/obesitas

Setelah mengetahui Indeks Massa Tubuh, selanjutnya adalah melakukan usaha agar IMT masuk dalam kategori normal.

2. Menurunkan berat badan dengan diet secara sehat

Studi membuktikan penurunan 5-10% dari berat badan dapat meningkatkan ovulasi spontan untuk memungkinkan kehamilan hingga 60% bagi wanita dengan kelebihan berat badan.

Untuk kodisi berat badan berlebih ini, sangat dianjurkan untuk melakukan diet dengan cara yang sehat. Maksudnya bukan dengan cara instan yang akan menurunkan berat badan dengan drastis.

Ingat, penurunan berat badan yang drastis justru bisa menyebabkan perubahan hormonal yang berpotensi mengganggu fungsi sel telur.

3. Mengatur pola makan

Dalam hal ini yang paling penting adalah kurangi porsi nasi atau jenis karbohidrat sederhana lainnya seperti gula, roti, kentang serta makanan yang mengandung tepung.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, apabila ingin mengkonsumsi karbohidrat sebagai sumber energi, ganti dengan beras merah, roti gandum atau oatmeal, karena jenis karbohidrat ini lebih lama di cerna sehingga tidak mudah lapar.

4. Berolahraga secara teratur

Selain mengatur pola makan, olahraga adalah cara terbaik dan paling aman untuk menurunkan berat badan. Lakukan olahraga ringan secara teratur, contohnya dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya.

Apabila anda mempunyai waktu luang dan sanggup melakukan beragam olahraga lainnya, tentu akan lebih baik dan sangat mendukung dalam usaha menurunkan berat badan.

Baca juga:
8 Faktor Penyebab Infertilitas Pada Wanita
10 Tips Cara Cepat Hamil Secara Alami Terbukti Sukses
Cara Menghitung Masa Subur Wanita Siklus Haid Teratur

Hasil studi menyebutkan 30-47% dari wanita dengan kelebihan berat badan akan m engalami siklus haid yang kurang teraktur. Dan wanita obesitas juga memiliki resiko tinggi mengalami keguguran kandungan.

error: Content is protected !!